Arti Ekonomi Buah Durian

Durian memiliki prospek ekonomi yang cukup bagus disamping buah dari tanaman lainnya. Pemasaran buah durian dari tahun ke tahun kian meningkat dan tidak pernah jenuh. Pemasaran buah durian pada umumnya sudah melalui mata rantaiyang agak panjang sehingga mengakibatkan harga durian di tingkat konsumen nejadi terlalu tinggi. Namun, harga yang relatif tinggi ini tidak membuat konsumen mundur. Buah durian yang melimpah membanjiri kota-kota besar selalu terserap habis. Buah durian yang harganya relatif tinggi, tetapi banyak diminati oleh masyarakat adalah buah-buah durian sebgai berikut:
  1. Durian sukun
  2. Durian berbiji kecil, yang disebut durian hepe (kempes) Harga dipasaran umum bisa mencapai 3 kali hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan durian biasa.
  3. Durian montong (Thailand), juga memiliki biji kempes.
Berbagai jenis durian denganberbagai variasi harga jual yang sangat tinggi tersebut sangat menarik minat para pengusaha atau investor untuk membudidayakan durian secara intensif. Dalam hal ini, pemerintah juga berusaha memotivasi dan mengajakseluruh jajaran swasta bersama-sama mengangkat buah durian sebgai buah andalan ekspor. Dengan demikian, buah durian merupakan salah satu aset negara yang dapat menambah pendapatan sektor non migas.