Penyebaran Tanaman Durian

Para ahli berpendapat bahwa pada mulanya tanaman durian tumbh liar di daerah Malaysia, Sumatra dan Kalimantan.Kemudian tanaman durian tersebut menyebar ke seluruh indonesia, sampai ke daerah Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kepala burung Irian Jaya. Penyebaran tanaman durian ke arah barat adalah Thailand, Birma, India dan Pakistan.

Penyebaran areal tanaman durian dilakukan oleh manusia yang merambah daerah hutan yangsatu ke daerah hutan yang lain. Di daerah yang mereka tinggalkan tumbuhlah biji-biji durian yang mereka bawa. Biji-biji durian itu tumbuh bersama semak belukar. Biji-biji durian tersebut tumbuh di sepanjang jalan yang mereka lewati. Dengan demikian. biji-biji durian itu tumbu secara alami dan tidak beraturan. Setelah melaluli penelitian secara seksama oleh para ahli, penyebaran tanaman durian menjadi lebih meluas lagi. Dalam hal ini, para ahli ikut berperan menyebarluaskan tanaman durian.

Buah durian memiliki rasa yang lezat, dan kandungan protein nabati yang cukup tinggi. Disamping itu, kayunya pun dapat dipakai sebagi bahan bangunan dan kayu bakar. Buah durian memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena harganya tidak terpengaruh oleh harga buah-buahan yang lain. Setiap musim panen tiba, harga buah durian selalu naik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Murray adalah seorang ahli yang pertama kali mendengar adanya buah durian. Akan tetapi, pada waktu itu ia masih memiliki pandangan yang negatif. Ia menilai bahwa bau buah durian itu sangat menganggau karena baunya seperti bau musang. Setelah mencari buah durian sendiri di hutan malaya dan meneliti kehidupandi sekitarnya, ia menemukan buah durian tersebut. Buah durian yang didapat itu langsung dibelah dan dimakannya tanpa ragu-ragu. Ia pulang ke negeri asalnya dan membawa buah durian tersebut. Ia sendiri mencoba menetralisir anggapan bahwa durian itu tidak enak, berbau busuk dan sebgaianya. Dengan upaya tersebut, banyak orang yang menyukaiannyakarena rassanya memang sungguh lezat dan baunya harum. akhirnya, buah durian tersebut dinobatkan sebagai raja segala buah.